REVIEW ALBUM : RANTAI - HILANG RIMBA HILANG


Zaman saat ini adalah zaman di mana perkembangan pembangunan mengkuti peradaban manusia, di mana  bangunan bangunan yang tinggi dibangun, hutan hutan digunduli, bukit bukit dipangkas.
Meskipun tidak bisa diingkari bahwa pembangunan mengikuti peradapan manusia memang wajib untuk memenuhi kebutuhan manusia, apalagi di Negara berkembang seperti Inonesia.
Namun terkadang pembangunan mengukuti peradaban zaman ini tidak melihat esensi dari dampak pembangunan yang ternyata juga merugikan untuk Alam Semesta dan kehidupan manusia.

Hal ini membuat empat pemuda tanggung asal Tenggaron, Kutai Kartanegara, Kalimantan yang menyebut dirinya “RANTAI”, geram dengan problematik kehidupan di ranah mereka.
Empat pemuda tersebut adalah Nala Arung (Vokal), Akhmad Akbar Haka Saputra (Drum), David Haka (Bass), dan Dhani Arinda (Gitar) yang merilis album mini yang bertajuk “Hilang Rimba Hilang” yang menganut aliran musik Rock- Stone yang dimix dengan bumbu Grunge.

Yup! Kita awali dengan artwork mereka yang dikerjakan oleh “Downcore Art”. Menceritakan tentang  hutan yang tandus dan gersang dengan segerombolan burung gagak yang berterbangan, melambangkan bahwa akan ada malapetaka apabila hutan hilang keberadaannya. Secara otomatis kehidupan manusia akan terganggu meskipun orang-orang tidak sadar merasakannya, seperti suhu derajat  panas matahari yang dari tahun ke tahun selalu meningkat. Mengenai konten yang ada di dalamnya, “Hilang Rimba Hilang” berisi 6 Track yaitu ‘Generasi Anti Drama’, ‘Then Comes December’, ’Menderu’, ‘Hilang Rimba Hilang’, ‘Jangan Bicara Cinta’, dan ‘Pesta Orang Tergusur’. Dari yang mereka sajikan menceritakan dinamika dan problematik  yang ada di ranah mereka, seperti hilangnya fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit dan pola pikir yang primitif dan individualisme yang tinggi membuat hutan tropis sedikit demi sedikit hilang dari peradaban.

Well, band ini cukup menarik dan asik untuk disimak, Dengan suara gitar yang tebal dan “output” yang cukup mumpuni menjadi salah satu band Rock yang patut diwaspadai, meskipun di Semarang sudah ada band yang seperti ini yaitu Screaming School’ yang sudah berdiri sejak tahun 2005 – Kini.
Ingin tau lebih lanjut tentang mereka? Silahkan lihat di sini

Kunjungi mereka di:
Twitter                 : @RantaiRock
Facebook            : RANTAI